Jumat, 02 Oktober 2015

Social Media Marketing

"Social Media Marketing adalah upaya pemasaran online dengan menciptakan visibilitas, eksistensi dan keberadaan sebuah situs web pada Social Media Network (jaringan media sosial) seperti Facebook, Twitter, Digg, Web 2.0, social bookmarking, dan lain-lain." (Optima Web)


Social Media Marketing adalah teknik marketing yang menggunakan sosial media sebagai  sarana untuk mempromosikan suatu produk (Link Halaman Website Bisnis Online) atau suatu jasa, atau produk lainnya secara lebih spesifik. Media Sosial / Social Media  merupakan  platform  yang sangat efektif  untuk berkomunikasi  dan mendengarkan pendapat pelanggan/klien. Baik yang berupa kritik,maupun pemberian masukan /saran. Dengan kata lain, sosial media sebagai sarana atau tempat untuk membangun target pasar dari bisnis online.

Dampak  Media  Sosial  Marketing  bagi  Pertumbuhan  Perusahaan

Beberapa  dampak  positif :

  • Meningkatkan brand awareness dan user engagement. Dengan sosial media, maka sebuah brand mampu mengumpulkan komunitas-komunitasnya dalam satu wadah tertentu, hal ini tentu saja akan memudahkan brand untuk melakukan promosi atau sekedar untuk berinteraksi dengan konsumen. Sebagai konsumen pun merasa semakin dilibatkan dalam berbagai hal, karena suaranya semakin mudah terdengar. Salah satu pemanfaatan sosial media untuk peningkatan brand awareness dan user engagement adalah dengan pembuatan Facebookfanpages. Yang biasa digunakan pula sebagai media untuk menampung komunitasnya dan sebagai media promosi.
  • Membantu meningkatkan  pertumbuhan penjualan perusahaan. Sehingga laba yang diperoleh perusahaan menjadi bertambah besar. Dan bahkan diharapkan,  mampu  melampaui target yang sudah ditentukan sebelumnya.
  • Mampu meningkatkan hubungan antara perusahaan dengan  konsumen. Sosial media mampu merubah gaya komunikasi menjadi lebih interaktif dan partisipatif, hal ini menyebabkan hubungan antara perusahaan dengan konsumennya menjadi lebih intens, lebih personal dan setara (horisontal).  
  • Lingkaran konsumen  bisa ditargetkan, didalam sosial media dapat melihat detail audience yang akan dijadikan target misalnya : data pekerjaan, umur, daerah, dan hobi yang mereka miliki ( untuk pengguna sosial media Indonesia mengenai hal ini harus benar-benar di analisa terlebih dahulu karena masih banyak yang memberikan data yang tidak akurat dibandingkan negara maju yang sudah lebih transparan )
  • Jika konsumen dalam lingkaran sosial media  merasa puas  maka, mereka akan membantu memasarkan dan memperkenalkan produk kepada yang lainnya sehingga informasi  bisa secara cepat diketahui banyak orang.
  • Mampu mempercepat proses pembuatan keputusan. Dengan melemparkan sebuah topik atau survey akan sesuatu, maka konsumen dapat memberikan pendapatnya akan sesuatu tersebut dengan cepat, sehingga memudahkan untuk dapat membuat keputusan secara cepat. 
  • Konten sosial media yang bisa diakses secara mobile, dibandingkan dengan konten lain seperti sebuah website, social media sudah lebih maju dalam hal dukungan untuk perangkat mobile seperti Smartphone, Tablet, ipad dll dengan begitu memudahkan siapa saja bisa megakses sebuah informasi darimana saja dan kapan saja.
  • Menurunkan biaya, Sosial media meningkatkan efisiensi dari perusahaan, antara lain mengurangi biaya komunikasi karena dengan sosial media setiap user adalah “juru bicara”, dapat juga mengurangi biaya riset karena sosial media memudahkan untuk melakukan survey langsung kepada konsumen dan mendapatkan masukan langsung dari konsumen.

Beberapa  dampak  negatif :


  • Dalam  sosial  media  orang  bebas  bicara dan  mengemukakan pendapat  termasuk bicara maupun berpendapat negatif terhadap sebuah produk, dan ini tidak bisa dikendalikan, biasanya hal ini terjadi karena ketidakjujuran perusahaan tentang kualitas produk yang dimiliki.
  • Pesaing bisnis bisa memanfaatkan lingkaran komunitas sebuah produk secara mudah untuk menjatuhkan dengan memberikan testimoni atau pembicaraan lain yang buruk mengenai produk.
  • Jadwal yang tidak terprediksi, dalam artian perusahaan tidak bisa memprediksi kapan audience memberikan umpan balik terutama umpan balik yang negatif yang bisa langsung muncul dalam lingkaran sosial media.


Sumber  :
http://www.romelteamedia.com/2014/09/pemasaran-media-sosial-social-media-marketing.html (diakses pada 2 Oktober 2015)
http://www.kompasiana.com/indonusa-sip-news/dampak-media-sosial-bagi-pertumbuhan-perusahaan_5529d1ca6ea8340738552cf7 (diakses pada 2 Oktober 2015)
http://www.seogereggi.com/2015/03/pengertian-smm-social-media-marketing.html (diakses pada 2 Oktober 2015)
http://indosmartwebhosting.com/blog/efek-sosial-media-terhadap-pemasaran-online/ (diakses pada 2 Oktober 2015)
http://eddypriyo.blog.binusian.org/2011/04/10/peranan-dan-manfaat-sosial-media-bagi-perusahaan/ 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar